Saturday, November 5, 2011

kontradiktif

Saya percaya, semua manusia diciptakan baik, namun absurd. Ya, absurd. Dengan cara dan jalannya masing-masing.

Gak mungkin banget namanya kalau ada satu orang yang benar-benar 100% normal. Kalaupun ada, mungkin dia hanyalah alien dari planet lain yang ingin menguasai bumi lalu memakai baju kulit manusia untuk menutupi jati dirinya. Atau.. cyborg.

Saya punya keabsurdan yang kontradiktif dengan kebiasaan saya yang lain.

Saya tergila-gila sama yang namanya cuci tangan.

Waktu masih kecil, mama saya selalu bilang, setelah pulang dari manapun, cuci tangan. Karena kita bawa kuman-kuman dari luar. Maka dari itu saya selalu ingat untuk cuci tangan begitu saya sampai rumah.

Tapi, rasanya saya kelewatan.. dan ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Saya baru sadar kemarin aja, loh.

Saya bukan fans berat mandi. Kalau hawa dingin, saya memilih untuk tidak mandi seharian dengan dalih "Go green, dong lo. Hemat air (karena mandi sekali sehari).", padahal yaa, saya memang ga terlalu suka aja mandi.

Nggak tau kenapa, buat saya mandi itu repot. Belum keramasnya, belum keringin badannya, belum keringin rambutnya. Tapi apa mau dikata, saya kan nggak hidup di goa, jadi mau nggak mau kalau harus berhubungan dengan manusia bumi lainnya, saya ya mandi.

Tapi herannya, saya suka banget cuci tangan. Kayanya kalau tangan ini abis sabunan enaaaak gitu, keset, dan berasa bersih.

Bahkan, pas lagi  masak pun.. Saya rajin mencuci tangan saya. Kayaknya lebih higienis mau ngapa-ngapain. Bahkan setelah mencuci sayur, setelah pecahin kulit telor, setelah potong daging, setelah tangan berlumuran tepung, setelah apapun.

Dan.. saya masak hampir tiap hari sekarang. Hemat air (karena mandi sekali sehari), tapi boros sabun (cuci tangan), woy!

Setelah bertahun-tahun kebiasaan ini terjadi, saya baru sadar ketika kemarin saya memperhatikan telapak tangan saya yang terasa sangat kering dan kasar. Kayak pembantu, bok. Nyuci jatah saya mah cuma pakaian dalam pribadi aja, sisanya masuk mesin. Pas saya lagi ngobrol sama si mama, barulah saya sadar.. bener juga ya! Tangan saya kering gara-gara saya keseringan cuci tangan.

Jadi sekarang, saat saya tidak masak, saya terus mengingatkan diri saya sendiri untuk menggunakan lotion sesering mungkin.. dan mengurangi kebiasaan cuci tangan pada bagian yang dirasa kurang perlu.. atau kalau memang perlu cuci tangan pun, setelahnya kecrotin lotion lagi.

Hemat air (karena mandi sekali sehari), tapi boros sabun (cuci tangan), dan sekarang boros lotion juga. Ck!

*pasang reminder: jangan cuci tangan melulu, tapi kalo emang harus cuci tangan.. setelahnya pake lotion ya. #berasacewek :D

2 comments:

  1. satu postingan ini absurd semua. temanya absurd, detailnya absurd, penulisnya punya pemikiran yang absurd. ABSURD!

    ReplyDelete
  2. @met: makasi yah bang.... masi mau lo temenan sm orang absurd hah heh hoh!

    ReplyDelete

only accept either nice comments, or silly ones ;-)