Monday, September 30, 2013

Envy

Hari ini gue lagi menelusuri salah satu forum tempat gue 'hangout' beberapa tahun belakangan ini (bukan, bukan ka*kus), lalu gue masuk ke salah satu thread tentang kecantikan (iya cela aja, cela gue cepaaaaat!) dan menemukan komentar beberapa user berkata kaya gini,

"Ih kulitnya bagus ya.. cantik orangnya.. blabla.. envy deh!"
"Ahh lo mah emang udah cantik kaya orang korea dari sananya.. enak bgt sihhh.."
"Mata lo bagus amat sih.. gak kaya mata gue nih, sipit gak ada garis kelopaknya...."
"Andaikan anu gue seperti lo.. gak usah anuanu setiap hari... iriii.."
dan lainnya.

Komen? Silakan.

Lalu gue teringat seorang temen gue, beberapa tahun lalu kita pernah ngobrolin soal beauty things.. girls stuff lah.. ya model rambut, ya make up, ya baju. Kita ngebahas soal model-model di majalah fashion & beauty jepang gitu, yang yaa, lo tau lah ya, model jepang pasti kulit putih mulus, mata besar, pipi pinky, rambut kecoklatan dan keriting-keriting lucu. Pokonya kategorinya unyunyu deh.

Ngebahasnya nggak spesifik tentang orangnya, tapi yaa stylenya. Kira-kira kalo mau diceritain, kurang lebih pembicaraan kita kaya gini:
Gue: Ih lucu rambutnya..
Dia: Ya orangnya juga cakeppp.. kulitnya putih, idungnya mancung.... ya mau digimanain juga pantes lah. Nah kita?

Sori, kita?
Ngerasa jelek kok ngajak-ngajak? (yah mana ada yang mau jelek sendirian sih.)

Yaaah, gue pernah sih ngerasa kurang. Pesek tepatnya. Bukannya ngerasa juga sih, emang kenyataannya pesek. Idung kecil tulangnya gak tinggi. Yah emang udah dari sananya begitu. Dulu berharap masih bisa mancungan lagi, tapi kok kaya berenang di kolam kosong ya? Jadi menerima aja bahwa gue emang pesek. (masih bisa main shading walopun gak bantu banyak, tapi puji Tuhan nggak ngerasa kepengen isi tulang idung atau operasi sih hehehe)

Seiring jalannya waktu, ya udah nggak kepikiran. Udah nggak bete kalo inget idung.. atau kalo pake kacamata item lalu melorot kacamatanya *eheks*.. Tuhan emang paling tau ya, puji Tuhan mata gue 100% sehat walaupun sering banget baca dan nulis gelap-gelapan, belom lagi hours of watching tv and working/slacking off in front of computer.. tapi tetep nggak perlu pake kacamata.. bhihihik.

Terus ya, rambut gue ini lemes, tipis dan cepet lepek. Bete gak? Ya bete lah. Tapi ya udah mau diapain lagi? Yang penting tetep di rawat aja.. ya rawat seadanya sih, rajin keramas, belajar ngeblow rambut (walaupun gagal), belajar bikin rambut bervolume pake catokan rambut (easier!), puji Tuhan sampe detik ini nggak botak. Jangan sampe botak kali yaa!

Terus.. perut paha lengan gendut. Eh itu emang kebanyakan makan aja yaa xD xD #caripembenaran

Yah intinya sih, gue sadar bahwa gue jaaaaaauh dari sempurna, tapi gue nggak jelek! Dan gue pun tau banyak cara untuk mempercantik diri. Envy dalam bentuk mengasihani dan memandang diri rendah jelek dan nggak beruntung, nggak bisa diapa-apain lagi itu bukan salah satunya.

Kalo dari kasus temen gue ini, orangnya emang biasa aja. Dibilang cantik ya biasa aja, badan yah sedeng aja. Yah nggak ada yang salah sih dari sosok 'asli'nya itu, ciptaan Tuhan, gitu kan. Yang menurut gue lucu adalah keputusan dia untuk nggak merawat dirinya.. dari muka, rambut, sampai style berpakaian. Kategorinya 'superngasal'. Lah gue aja udah ngasal, dia ini 100X lebih ngasal daripada gue kali.

Mukanya nyaris tanpa produk apapun setiap hari, ya mungkin cuma moisturizer ya, bedakan juga nggak kali ya, dulu sih nggak sama sekali. Boro-boro eyeliner, lipstik, alis mata digambarin.. Waktu ngomongin bedak, dia bilang "Dempul". Jrenggggg.. krompyang!

Padahal pake bedak itu penting banget kakak!

Gue adalah salah satu cewek kecowokan (!?!) yang puas dipaksa simama untuk pake moisturizer dan bedak setiap hari dari jaman remaja dulu. Bahkan udah dipesenin bahwa muka itu investasi, dirawatlah dari muda. Alhasil kulit gue awet muda dong. Bhihihihik. Asik gak tuh pencitraan gue? (Tapi banyak yang muji kulit gue... thanks to mommy and grandma -yg dulu ternyata maksain simama.. pemaksaan turun temurun! yay!)

Balik lagi ke temen gue, saat ini kondisi kulitnya... kasian. Seumuran gue tapi spot-spot hitam di muka tuh keliatan nyata banget, pori-pori juga gedeeee.. sisanya.. gue gak perhatiin. Tapi yaa sedih aja liat muka perempuan seumur gue unpolished. Gak ada salahnya lho cantik-cantik sedikit.. sebagai bentuk dari menghargai diri sendiri.

Balik lagi ke cerita ke-envy-an temen gue terhadap model-model jepang itu.. Yah dia gak bilang dia irihati sih, tapi komentar negatifnya tentang diri sendiri (he'eh, jangan bawa-bawa gue.. gue cantik woi!) itu gue melihatnya kaya bentuk ke nggak puasan terhadap dirinya sendiri dan kenapa dia gak dilahirkan cantik, putih blablabla...

Tapi ya, bukan salah Pencipta lo lah, lo 'gak cantik'. Banyak cara bangeeeet untuk bisa bikin kita keliatan lebih enak dipandang mata. Mulai dari ujung kepala.. rambut diapain kek, muka dirawat, di polish dikit.. greasy face itu, sumpah ya, ga sedap banget dipandang. Belom lagi warna muka yang kusem (akibat nggak di rawat sejak muda), bibir pecah-pecah dan lain-lain.

Envy itu nggak ada gunanya kalo cuma untuk ngasihanin diri sendiri aja.. kalo menurut gue sih. Dan ya, gue menolak diajak untuk melihat diri gue sebagai perempuan yang lebih jelek daripada model-model jepang itu. I am beautiful in my own way.. bahkan gue bisa bilang sekarang bahwa gue lebih cantik daripada model-model jepang itu. #keliwatan #yamaap

Ada orang dikasih modal cantik nilainya 8. Tinggal ceprat ceprot dikit, bisa naik jadi 9-9,5. Kalo kita dikasih modal cantiknya cuma 5, yah ceprat ceprot lah yang maksimal supaya bisa naik jadi 8.. hopefully 9.. ya kalo maksimalnya sampe 7-7,5 doang ya tetep puji Tuhan. Paling nggak kita nggak stuck di angka 5. Be positive!

Ceprat ceprot yang gue maksud bukan makeup dan make over gila-gilaan sampe kaya badut yaa (less is always more!), atau bahkan operasi plastik, tapi justru dimulai dari cara pandang dan pikir dulu.. bahwa diri kita ini diciptakan baik adanya.. dan keinginan untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi setiap harinya.

Gue rasa saat kita bisa menerima diri kita apa adanya, ke-envy-an anuanu tadi nggak perlu terjadi :)

Saat ini gue nggak merasa envy kalo liat model, artis, atau siapapun yang keadaan fisiknya lebih baik daripada gue (menurut manusia dan kalangan umum). Nggak penting banget. Simply becos I know I've done the best I could do everyday, everywhere I go, to make myself well-presented.. as an appreciation for myself... and my Creator. :)

-
ini gue kesambet apaan ya nulis beginian :S
cuma gemes aja sama orang jelek yang nggak mau mempercantik diri. *eh :p

No comments:

Post a Comment

only accept either nice comments, or silly ones ;-)