Thursday, September 2, 2010

40 minutes of contemplation

Jadi ceritanyaaa, jarak antara rumah saya dan kantor (Jelambar) itu kira-kira 20-25 menit saja. Kalopun pernah sampe 30 menit, itu jarang banget..

TAPIIIIII...

Semenjak puasa dimulai, lalu jalanan yang biasa saya lalui di perbaiki, perjalanan saya dari rumah ke kantor berubah. 30, 35, bahkan 40 menit! Itu perginya aja loh, pulangnya lebih parah lagi. (untuk jalanan dalam keadaan wajar, 30 menit itu saya bisa sampe di gatsu!)

Beberapa hari yang lalu, saat macet (dan saya nggak punya energi lagi untuk nggerundeng, gak guna, bo, tetep aja nggak jalan-jalan!) saya memutuskan untuk berpikir keras. Hmm, mungkin keputusan yang kurang bijak, karena seharusnya saya bisa melakukan hal yang lebih menyenangkan supaya nggak stres-stres amat, tul ga?

Tapi saya tetap menganalisa, btw.

Jadi.. kenapa sih, jarak deket begini tapi butuh waktu lama gara-gara macet ga puguh?
(Ini hasil analisa sotoy ala saya ya, kalo salah, ya maaaap.)

This, i tell you, typically Indonesian. No offense, ya.. Pissss! Tos dulu dong supaya ga sleg!

1. Lack of common sense.
Nyebrang di pengkolan, nyetop angkot/bis di jembatan/pengkolan (both way nih, baik si supir dan si penumpang), dst, dst. Terus.. biasanya angkot nih, jalan pelan-pelan, begitu mau disusul, dia ke tengah... halaah! Ga bisa yang.. normal-normal menurut orang waras aja ya?

2. Rasa memiliki terlalu besar - dan terlalu takut 'diambil'.
Kayanya di jidat ada tulisan "Jalanan ini punya bapak gue". Padahal ya, ini jalanan umum, gitu.. ada saatnya untuk maju, ada saatnya untuk kasih jalan. (Jangan nanya: Kapan? back to common sense, deh!). Belom lagi: semua orang mau jalan ditengah-tengah, padahal slow motion abis gt gerakannya! (ini khusus orang jelambar *waving to maria, no offense yah say, you're too classy to be classified in the same class with them*)

3. Rules made to be broken... NOT!
Mungkin kalo nerobos lampu merah, orang ga gitu berani.. atau perihal bekibolang, atau masuk busway.. Bisa-bisa di priwit pak plokis. Hal-hal kecil aja deh. Di kasus saya nih, banyak banget mobil dan motor yang mau motong jalan, masuk ke jalan tikus supaya bisa tembus ke jalan raya lebih cepat karena jalan biasa-nya padat berisi.. padahal ada rambu perboden + tulisan: Dilarang memotong jalan. Sepele, mungkin, tapi itu bikin macet loh.

Saya? Bukannya takut ditilang sih, tapi saya percaya kalau rambu-rambu dijalan itu dibuat untuk suatu alasan yang baik (paling ngga niatnya). Satu yang saya taruh didalam hati, kalau mau keadaan berubah menjadi lebih baik, mulai dari diri sendiri aja dulu. Gitu...

4. Banyak hal yang ga seharusnya....
Pake seragam esempe kok naik motor? Ada mobil pick-up, anak-anak kampung langsung pada lari, manjat tuh pick-up. Belom lagi yang main petasan di pinggir jalan raya. LU OLANG GILA APA HA?

5. Time is money. Yayayayyaaa
Semua orang keluar rumah punya tujuan, gitu. Ada yang in a rush banget, mungkin telat, mungkin urgent. Ngerti kok. Tapi kalo buru-buru, mbok ya tetep pikirin keselamatan orang lain kek? Kalo lo mau mati dijalan, suka-suka lo, tapi orang lain masih mau hidup dan mencapai tujuan mereka, kali! Orang-orang kaya begitu, kalo hidup, bikin makin lama di jalan (krn ugal-ugalan kan bikin orang lain melambat. Bayangin ada 100 mobil melambat gara-gara ada yang ugal-ugalan?) - dan kalo mati (gara-gara ugal-ugalan), bikin makin tambah lama lagi gara-gara ususnya brecetan dijalan. Huh!

Kesimpulan: Kalau semua orang punya kesadaran untuk ga saling egois dan mau menang sendiri dijalan, lalu mematuhi peraturan yang berlaku, pasti, walaupun sedikit, setidaknya jadi terasa lebih menyenangkan. Betul betul betul, ipin?

Update! -3 sept 2010-
Kemaren kelupaan ternyata, hari ini baru inget *phi koon*, jalanan yang rusak somplak ancur itu salah satu hal yang bikin mobil dan motor jadi lebih tersendat! Woooy, pemerintah, jangan mikirin mau bikin gedung DPR super leisure aja woyyyy.. itu jalanan dibenerin woooy!

5 comments:

  1. bwakakakaakak... ngakak baca blog yang ini. parah. apalagi yang "lu olang gila apa ha?"

    wakakakak, gilak.

    kurang satu. kendaraan pribadi masuk busway. punya kendaraan pribadi aja masih nyusahin orang yang naek buswe. naek mobil cape tapi lebih nyaman di kendaraan sendiri. naek motor bisa duduk bentar di halte. buswe itu kendaraan umum yang akan sangat melelahkan kalo jalannya dihambat sama pemilik kendaraan pribadi yang ga tau aturan. *curcol*

    makasi, blognya sangat menghibur :)

    ReplyDelete
  2. @amet: hahaha, makasih makasih makasiiiih, maklum hasil curcolan, jadi dibuat sepenuh hati.. bwkekekkeke

    ReplyDelete
  3. i get my name mentioned on a writer's blog! *norak* hahaha

    tp emang kok, typical indo itu lacking of common sense.. judulnya aja udah 'common' sense, tp pada kaga punya, jadi ya.. well.. expect for the uncommon ones! (which might burn yourself out once a week (or even more) :P

    eh apakabar nina ama ardi yah? *nagih*

    ReplyDelete
  4. errr, ditagih :p
    *melipir pelan-pelan*

    will do..... dunno when, hopefully soon. hihihihi mwakssss

    ReplyDelete
  5. hehe stujuu.. emg capek nyetir di indo
    tambahan lg ni: bikin SIM gampang dibanding d luar negri, jd rasanya smua org pgn nyetir walau hrsnya blm lulus ujian neh.. makanya pd kaga tau aturan + rambu2 dll, tp uda bs mluncur di jalanan.. jadilah tamba macet..

    trutama bagian update nya.. hahaha ga penting bgt deh renov2 gedung.. mending renov sistem dan org2 pemerintahannya dulu.. sama fasilitas2 umum..

    ReplyDelete

only accept either nice comments, or silly ones ;-)